Minggu, 04 September 2016

PRINSIP DESAIN BUSANA


PRINSIP DESAIN BUSANA

Prinsip – prinsip desain


1.  Harmoni adalah prinsip desain yang menimbulkan kesan kesatuan. harmoni dapat dicapai melalui kesesuaian antara bagian setiap unsur pembentuknya.
2.  Proporsi adalah perbandingan antara bagian satu dengan yang dipadukan. untuk mendapatkan susunan proporsi yang sesuai, harus diketahui bagaimana menciptakan hubungan jarak yang tepat atau membandingkan ukuran objek yang satu dengan objek yang dipadukan secara proporsional.
3.  Balance adalah keseimbangan yaitu hubungan yang bagus antara bagian – bagian dalam suatu desain. ada 3 macam keseimbangan yaitu : keseimbangan Simetris, keseimbangan asimetris dan keseimbangan obvicus
4.  Irama. irama dalam desain dapat menimbulkan kesan gerak gelumai yang berurutan dari satu bagian ke bagian yang lain, sehingga akan membawa pandangan mata dari satu bagian ke bagian yang lain. Irama dapat diciptakan melalui : pengulangan bentuk secara teratur, perubahan atau peralihan ukuran, melalui pancaran atau radiasi.
5.  Aksen. aksen merupakan pusat perhatian yang pertama kali membawa mata pada sesuatu yang menarik dalam suatu rancangan.
6.  Unity atau kesatuan merupakan sesuatu  yang memberikan kesan adanya keterpaduan setiap unsur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar